Tp Menurut ILmuan

Apa kebutuhan dasar Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan?
  1. Pengertian proses KBM maupun pengalaman sebagai pengajar.
  2. Pengetahuan luas mengenai keuntungan dan kekurangan maupun proses menggunakan semua jenis teknologi pendidikan (dari kertas dan pena sampai teknologi terbaru).
  3. Kemampuan berkomunikasi bersama pendidik sebagai kolega.
  4. Pengetahuan luas mengenai isu-isu dan limitasi teknologi, dan jenis kegiatan KBM yang dapat dilaksanakan di kelas kecil atau besar (mislanya lecture/seminar).
  5. Pengetahuan luas mengenai isu-isu desain media yang sesuai dengan situasi. Misalnya ukuran tulisan minimal, warna tulisan dan background yang paling efektif untuk komunikasi dalan situasi-situasi yang berbeda, jenis grafik yang efektif, isi-isu "fog factor", dll.
  6. Kemampuan membuat dan membantu guru belajar cara untuk membuat dan menggunakan banyak macam peraga.
  7. Kemampuan merencanakan dan melaksanakan program-program khusus untuk meningkatkan pengertian dan kemampuan guru terhadap isu teknologi pendidikan.
Kelihatannya oleh karena Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan di Indonesia adalah kurang banyak, atau diam saja, retorika mengenai hebatnya teknologi di bidang pendidikan oleh banyak pihak yang mempunyai tujan bisnis (atau adalah terkait dengan bisnis), Ilmuwan/ti Teknologi, atau pihak-pihak lain yang betul tidak berpikir mengenai isu-isu, dapat menulis artikel-artikel di pers tanpa informasi yang seimbang yang bebasis kenyataan (oleh penelitian).

Apa bedanya antara "Ilmuwan/ti Teknologi" dan "Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan" ?

Ilmuwan/ti Teknologi selalu mendukung manfaatnya teknologi, tetapi Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan hanya mendukung teknologi di mana keuntungannya sudah terbukti, dengan teknologi yang cocok (appropriate).

Tanpa peran Ilmuwan/ti Teknologi Pendidikan di dunia pendidikan kita dapat menghabiskan banyak anggaran tanpa meningkatkan mutu pendidikan. Dan dengan menggunakan teknologi canggih atau bahan yang tidak cocok, mutu pendidikan dapat menurun.

Misanya, kemarin saya dapat menyaksikan di mana informasi dari data projector dan laptop yang digunakan, oleh tokoh pendidikan, tulisannya tidak dapat dibaca dari di tengah ruang apa lagi dari belakang. Ini hanya salah satu isu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARYA ILMIAH

EVALUASI HASIL BELAJAR